Selasa, 06 Maret 2012

UGM Juara 1 Java Overland Varsity English Debate


UGM Juara 1 Java Overland Varsity English Debate

Satu lagi prestasi membanggakan diraih oleh para mahasiswa UGM di kancah nasional. Tim English Debating Society (EDS) UGM meraih juara 1 dan juara lll pada kompetisi debat nasional Java Overland Varsity English Debate (JOVED) yang digelar oleh English Debating Society (EDS) Universitas Indonesia tanggal 22-28 Juli 2010 lalu. Sementara itu untuk juara 2 diraih oleh tim dari UI.
Tim UGM yang meraih juara l tersebut yaitu EDS UGM A terdiri atas Yunizar Adiputera (HI-2006), Icha Wulandari.ND (Biologi-2009) serta Urfi Syifa Urohmah (HI-2008). Sedangkan tim EDS UGM B terdiri dari Astri Agustina (biologi-2008), M.Ghufron Mustaqim (biologi-2009) dan Bella Chyntiara (Akuntansi-2009) meraih juara lll.
Menurut penjelasan dari salah satu anggota tim debat, Urfi Syifa Urohmah, setidaknya ada 10 topik yang diperdebatkan pada masing-masing babak. Untuk babak pre-eliminasi dibahas topic mengenai media massa, geopolitik, hukum dan keadilan, ekonomi, kebebasan berekspresi dan kesetaraan gender.
“ Sedangkan di babak eliminasi ada topic soal etnis minoritas, isu nasional, natural disaster manajemen hingga hukum perang,” papar Urfi, Senin (2/8).
Ditambahkan Urfi, dari berbagai topik tersebut lima diantaranya merupakan topic impromptu, yang baru diberikan tiga puluh menit sebelum perdebatan dimulai. Hal ini merupakan tantangan tersendiri bagi setiap tim untuk berargumen dengan lugas disertai analisis yang komprehensif, serta membutuhkan pengetahuan umum yang luas serta logika berpikir cepat.
” Selain ada topik yang telah ditentukan ada pula yang impromptu dan ditentukan 30 menit sebelum debat dimulai, ” katanya.
Khusus babak final, topik yang dibahas berjudul ‘This House Believe that After a Military Intervention Overthrows an Oppressive Regime, the Occupational Forces Should Immadiately Leave’. Dalam kesempatan itu EDS UGM A berperan sebagai pemerintah, sedangkan EDS UI A berperan sebagai pihak oposisi. Perdebatan kemudian berakhir dengan keputusan juri 5-2, dengan kemenangan diraih EDS UGM A.
” Tim kedua yakni EDS UGM B berhasil meraih juara ketiga , karena terhenti di babak semifinal setelah menghadapi EDS UGM A yang melaju ke final, ” imbuh Urfi.
Pada kompetisi debat ini EDS UGM juga berhasil memenangkan JOVED 2012 Bidding. Dengan hasil itu maka tahun 2013 mendatang JOVED akan diselenggarakan di UGM. Event tahunan ini diikuti oleh 54 tim debat terbaik setanah air, yang berasal dari kurang lebih 37 universitas di Indonesia. Pada kesempatan kali ini, EDS UGM mengirimkan sebanyak 15 orang delegasi yang terdiri dari 6 orang tim debat serta 9 orang tim juri.

2 komentar:

  1. Wah, mbak Icha hebat sekali ya prestasinya. Btw, mbak Icha masuk EDS UGM tahun berapa ya? Saya di EDS UGM sejak tahun 2008 dan belum pernah ketemu mbak Icha, saya juga ikut bantu melatih tim EDS UGM A n B utk JOVED UI 2010, tp kok belum pernah ketemu mbak Icha :). Salam kenal ya mbak. Mungkin saya khilaf waktu itu.

    BalasHapus
  2. Artikel aslinya: http://ugm.ac.id/index.php?page=rilis&artikel=2922

    Kok nama mbak Icha Wulandari Nugroho Darmawan nggak ada di situ ya? Keliatan banget mbak Icha adalah mahasiswi PLAGIAT yang berusaha mengambil manfaat atas prestasi orang lain!!!

    Dikutip dari profil mbak Icha:
    "Aku kan selalu bersyukur "ALHAMDULLILAH" agar aku bisa mengetahui arti hidup yang sebenarnya..:)"

    harusnya BUKAN ALHAMDULILLAH, tapi NAUZUBILLAH MIN ZALIK!

    BalasHapus