Selasa, 06 Maret 2012

KSH

KSH

Suatu ketika seorang Dewan Senior KSH ditanya, “Mas, Herpetologi itu apa, sih?”. Orang tersebut bertanya sembari menunjuk sebaris huruf kapital berwarna emas yang terbordir di bagian belakang jaket Dewan Senior tersebut.
Herpetologi merupakan cabang zoologi yang mempelajari herpetofauna (hewan-hewan yang termasuk di dalam kelompok Reptil dan Amfibi). Katak, ular, kadal, buaya, dan kura-kura adalah beberapa di antara objek kajian herpetologi. Cakupan kajian cabang ilmu ini meliputi bidang anatomi, fisiologi, sistematika, perilaku, ekologi, serta aspek-aspek biologi lainnya.
Kelompok Studi Herpetologi sebagai suatu organisasi yang mewadahi mahasiswa pengkaji herpetofauna senantiasa aktif bergerak dalam pengembangan ilmu herpetologi. KSH merupakan kelompok studi pengkaji herpetofauna pertama di Indonesia yang didirikan pada tanggal 24 Februari 1992 dan secara resmi diakui oleh Fakultas Biologi UGM pada tahun 1994. Pendidirian KSH dilatarbelakangi oleh kecintaan akan herpetofauna, semangat untuk mengeksplorasi pengetahuan ilmiah mengenai herpetofauna, dan pentingnya usaha pelestarian herpetofauna. Berdasarkan ketiga hal tersebut, maka fokus kegiatan KSH pada saat ini tertuju pada tiga hal, yaitu studi keilmuan, penelitian ilmiah, dan sosialisasi ilmu herpetologi kepada masyarakat.
Studi keilmuan dilakukan dengan adanya pematerian dan diskusi intern anggota. Selain materi dan perkembangan terbaru dari dunia herpetologi, dalam pematerian diberikan pula teknik praktis yang dibutuhkan di lapangan, misalnya teknik handling herpetofauna, teknik sampling, teknik perawatan spesimen (hidup maupun awetan), serta langkah-langkah melakukan penelitian. Berbagai kegiatan lapangan yang dilakukan di KSH, seperti sampling dan ekspedisi, ditujukan untuk membentuk keseimbangan antara teori dan praktek. Sejak tahun 2006, KSH telah secara rutin mengadakan sampling herpetofauna di area kampus UGM. Kegiatan ini bertujuan untuk memonitor keanekaragaman herpetofauna di lingkungan UGM, mengingat perubahan-perubahan yang terus terjadi di wilayah kampus UGM. Ekspedisi yang pernah dilakukan dan akan diteruskan antara lain adalah ekspedisi lereng barat Merapi, yang diawali pada tahun 2008.
Studi keilmuan di KSH diarahkan untuk mendukung perkembangan titik fokus yang kedua, yaitu penelitian ilmiah. KSH memupuk perkembangan penelitian herpetologi dengan mendorong dan mendukung anggotanya untuk mengadakan penelitian sesuai dengan bidang minat masing-masing; anatomi, fisiologi, mikrobiologi, biokimia, dan lain-lain, yang berhubungan dengan herpetofauna. Penelitian-penelitian tersebut dapat digunakan untuk seminar dan skripsi. Hingga sekarang, telah banyak anggota KSH yang lulus dengan skripsi bertema herpetologi. Tidak hanya itu, akhir-akhir ini semakin banyak anggota KSH yang mengikuti kegiatan tingkat nasional, baik itu seminar ilmiah maupun lomba karya ilmiah, melalui penelitian herpetologi-nya.
Sementara itu, bentuk usaha KSH untuk memperkenalkan herpetologi ke masyarakat luas diwujudkan dalam bentuk pengadaan kegiatan untuk siswa-siswa mulai dari TK hingga SMA, serta masyarakat umum. Beberapa di antaranya adalah lomba lukis dan mewarnai untuk TK dan SD (2007), diskusi panel tingkat SMA (2006),  lomba pidato bahasa Inggris tingkat SMA (2008), lomba fotografi (2008), pendampingan FKPB (2007-sekarang). Pengenalan herpetologi juga dilakukan melalui berbagai media, antara lain radio buletin, majalah dinding, website, sampai aksi langsung berupa kampanye. KSH juga menjalin hubungan dan kerja sama dengan lembaga-lembaga lain yang terkait, misalnya kelompok pecinta alam Matalabiogama dan Gegama, kelompok pengkaji herpetofauna lain (KP3H Kehutanan UGM dan KPH Kehutanan IPB), serta Pusat Penyelamatan Satwa Jogja (PPSJ).
Pendek kata, KSH bukanlah sekedar organisasi bagi para pehobi herpetofauna. Lebih dari itu, KSH diperuntukkan bagi orang-orang yang berminat mempelajari keunikan herpetofauna dari sisi ilmiah dan mengembangkan ilmu herpetologi di dalam dan di luar KSH. KSH bertekad untuk mencetak calon-calon peneliti serta pakar reptil dan amfibi di Indonesia. Hidup herpetologi Indonesia!
Anda tertarik untuk bergabung? KSH membuka kesempatan bagi mahasiswa (UGM maupun luar UGM) untuk menjadi anggota melalui Open Recruitment yang diadakan setiap awal tahun ajaran, yaitu sekitar bulan September-Oktober.
(de’E S.22)
Kegiatan KSH Tahun 2008
  • Kampanye “Save the Turtle”
  • Penelitian Keanekaragaman Reptil-Amfibi Kulon Progo
  • Lomba Pidato Bahasa Inggris Tingkat SMA dengan tema herpetofauna
  • Lomba dan Pameran Fotografi Reptil dan Amfibi
  • Seminar Nasional I Herpetologi dan Kongres II PHI
  • Sidang Umum KSH 2008
  • Ngabuburit bareng Swaragama (pematerian dan teknik handling)
  • Pameran Herpetofauna untuk memperingati tahun Amfibi
  • Diklat Anggota Muda XIX
  • Ekspedisi Lereng Barat Merapi
  • Sampling Kampus UGM
  • Pendampingan Forum Konservasi Penyu Bantul (FKPB)
  • Pematerian Divisi Crocodylia di PPSJ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar