Senin, 12 Maret 2012

Nimbrung di Nature Meet Science

Bermula dari ajakan salah seorang sahabat SPSS, Raditya alias Adit alias Brindil, yang minta ditemenin nyepeda ke Gua Kiskendo. Soalnya, Mahasiswa Pecinta Alam Fak. Biologi UGM (Matalabiogama) sedang menyelenggarakan suatu acara disana. Adit ini salah seorang anggota Matalabiogama yang kebetulan bertugas jadi panitia.

Nama acaranya adalah Nature Meet Science (NAMES). Acara ini diselenggarakan untuk menarik minat mahasiswa baru bergabung ke Matalabiogama. Tapi entah kenapa, acara ini juga menarik minat dua penyusup, diriku dan Kang Supri, buat ikutan nimbrung. Ahay! :D

jalan alam matalabiogama mahasiswa biologi ugm kiskendo girimulyo tanjung sari kulonprogo
Para petualang berdengkul tangguh itu :p

Gua Kiskendo berjarak sekitar 33 km dari kota Jogja dan dapat ditempuh dengan menyusuri Jl. Godean ke arah barat.

Kami berangkat hari Jum’at (15/10/2011) jam 16.00 dari Tugu Jogja. Jalan aspal sepanjang 18 km, dari kota Jogja menuju perbatasan Kulon Progo (Kenteng, Nanggulan), masih kami anggap manusiawi. Tapi... jarak 15 km sisanya, yah......amat sangat tidak manusiawi! :(

jalan alam matalabiogama mahasiswa biologi ugm kiskendo girimulyo tanjung sari kulonprogo
Terulang lagi, nuntun sepeda di tanjakan jahanam di malam hari yang hujan...

Jam 20.00 kami tiba di rumah Pak Suwisno yang jadi basecamp acara NAMES. Kami disambut oleh raut takjub serta rentetan pertanyaan dari para panitia. Eh iya, aku baru nyadar kalau panitia NAMES itu lebih banyak perempuannya. Wow...

Hari Sabtu (16/10/2011), jam 7 pagi, acara NAMES dimulai. Sebanyak 20-an peserta dibagi ke dalam 4 kelompok. Aku dan Kang Supri mbuntutin Adit yang jadi pemandu kelompok 1.

jalan alam matalabiogama mahasiswa biologi ugm kiskendo girimulyo tanjung sari kulonprogo
Wahai burung cilik bersuara merdu, dimanakan gerangan dirimu berada?

Kegiatan pertama adalah Bird Watching, yakni mengamati burung. Peserta dibekali dengan binokuler dan buku panduan burung yang disusun LIPI. Di dalam trek hutan, peserta harus mawas mendengarkan kicau burung. Dengan binokuler, peserta harus mencari tahu burung apa yang berkicau itu. Kemudian menuliskan hasil pengamatannya di selembar formulir. Laporan pengamatan harus dilengkapi gambar atau deskripsi detil dari burung. Hmmm...

Bird Watching ini ndak gampang ternyata. Burung kan kecil, bisa terbang pula, jadinya harus selalu siaga dengan binokuler. Aku mencoba buat motret burung, tapi ternyata panjang fokal lensa 135mm ku ndak cukup jauh buat motret burung. Beh!

jalan alam matalabiogama mahasiswa biologi ugm kiskendo girimulyo tanjung sari kulonprogo
Mbak panitia menjelaskan tentang pengawetan sampel.

Kegiatan kedua adalah pengenalan survei vegetasi. Selain teknik-teknik survei vegetasi dan pengambilan sampel, peserta juga dikenalkan dengan beberapa jenis tumbuhan yang tumbuh di hutan.

Seingatku dulu pas SMA aku pernah juga dapat tugas survei vegetasi. Sekarang sih udah lupa, hehehe. Tapi buatku, lebih asyik motret para penghuni hutan. Hohoho.

jalan alam matalabiogama mahasiswa biologi ugm kiskendo girimulyo tanjung sari kulonprogo
135mm , f5.6, ISO 400

jalan alam matalabiogama mahasiswa biologi ugm kiskendo girimulyo tanjung sari kulonprogo
135mm , f5.6, ISO 400

Kegiatan yang terakhir adalah menyusuri Gua Kiskendo. Tapi, yang ini aku ndak ikutan. Lebih tepatnya ndak boleh ikutan. Soalnya ndak bawa perlengkapan buat menyusuri gua, seperti helm dan lampu. Lampu di dalam gua dimatikan, jadinya gelap. Setidaknya, aku udah pernah masuk ke Gua Kiskendo bulan Desember silam.

jalan alam matalabiogama mahasiswa biologi ugm kiskendo girimulyo tanjung sari kulonprogo
Bersiap-siap masuk Gua Kiskendo.

Baik Matalabiogama dan diriku sama-sama cinta alam. Bedanya, mereka cinta alam untuk dijelajahi sedangkan aku cinta alam untuk dipotret, hehehe. Apapun alasannya, yang penting mari kita cintai alam Indonesia, agar tetap dapat dinikmati oleh generasi mendatang.

Terima kasih buat Matalabiogama yang sudah mengayomi kami selama disana, sukses selalu! :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar