Selasa, 06 Maret 2012

Kelompok Studi Entomologi


TENTANG KSE


KSE (KELOMPOK STUDI ENTOMOLOGI)

A. PENGANTAR
KSE merupakan suatu wadah kegiatan terpadu antara pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat dalam hubungannya dengan studi serangga yang meliputi identifikasi serangga ditinjau dari morfologi, fisiologi, tingkah laku, ekologi dan aplikasi serangga baik di dunia industri, kesehatan, pertanian maupun lingkungan.
Serangga merupakan klasis dari filum Arthropoda. Dikenal sebagai klasis dengan jumlah anggota terbanyak dalam dunia hewan, karena mencakup 72 persen dari seluruh hewan yang ada di bumi. Sebanyak 800.000 spesies telah diidentifikasi, dan masih banyak yang belum ditemukan. Klasis ini terdistribusi di seluruh bagian dunia, baik darat maupun air, dengan varietas terbanyak ditemukan di daerah tropis.
Dua faktor yang membuat serangga menjadi makhluk dengan jumlah paling dominan di bumi adalah daur hidup yang pendek dan tingkat reproduksi yang tinggi. Kedua faktor ini menimbulkan tingkat adaptibilitas yang tinggi untuk segala macam perubahan kondisi alam melalui proses mutasi antar generasi.


B. SEJARAH BERDIRI
KSE didirikan oleh sekelompok mahasiswa Biologi UGM yang tertarik pada serangga tanggal 25 Agustus 1998, dengan Tujuan, VISI dan MISI sebagai berikut:
Tujuan:
  1. Mengembangkan rasa dan kognisi sosial mahasiswa
  2. Membantu proses pemberdayaan masyarakat terutama di pedesaan
  3. Mengantarkan anggota KSE menjadi sarjana yang memiliki kepribadian mantap, berkepedulian terhadap masyarakat dan berjiwa kewirausahaan.
Visi & Misi:
  1. Meningkatkan skill di bidang entomologi dan disiplin ilmu yang terkait
  2. Memberi pengabdian kepada masyarakat di bidang entomologi dan hal-hal yang terkait dengan serangga
Sasaran: Mahasiswa mahasiswa UGM khususnya fakultas biologi dan masyarakat sekitarnya.


C. STRUKTUR ORGANISASI
Pada kongres Koloni ke XI pada hari Rabu, 19 Januari 2011, terjadi perombakan dalam struktur organisasi KSE. Struktur yang baru sebagai berikut:






Dengan Kepengurusan yang baru yaitu:
DP (Dewan Penasehat)                      :
Dr. R. C. Hidayat Soesilohadi, M. S.
DPO (Dewan Pertimbangan Organisasi) :
1.         Yoga Dwi Permana
2.         Ichsan Luqmana Indra Putra
3.         Septiani Emdrawati
Ketua                      : Safitri Rizka R.
Sekretaris                : Ayu Ratri
Bendahara              : Novita Hartati
Kepala Divisi Penelitian: Aditya Mahendra
Kepala Divisi Jaringan: Fauziatul Fitria
Kepala Divisi PSDM  : Isna Fauziah
Kepala Divisi Media  : Icha Wulandari.ND
D. KEGIATAN
Kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan pada Kepengurusan 2010 antara lain:
Pematerian Umum dan Kunjungan ke Laboratorium BIO Forensik RSUP Prof. Dr. Sardjito; Outbond Kebersamaan; Training Wirausaha Budidaya Lebah Madu; Lomba Fotografi “Exoticsm of Insect; Ulang Tahun KSE: “Career Guidance with Alumnies; Eksplorasi Serangga di Dataran Tinggi Dieng; Open Recruitment anggota KSE 2010: DIKLAT RUANG dan DIKLAT LAPANGAN 2010; Kunjungan Instansi dan Kunjungan SMA: Biology goes to school.
Untuk Kepengurusan 2011, kegiatan-kegiatan yang telah dan akan dilakukan dikemas dengan nuansa yang berbeda, antara lain:
Kunjungan instansi ke Laboratorium Pengendalian Hayati Fakultas Pertanian UGM (telah dilaksanakan pada Maret 2011), Out Bond Kebersamaan (telah dilaksanakan pada 26-27 Maret 2011), Diklat Pemantapan V (telah dilaksanakan pada Mei-Juni 2011), Kunjungan Berbasis Kewirausahaan, Open Recruitment anggota KSE 2011: DIKLAT RUANG dan DIKLAT LAPANGAN 2011, dan Pematerian Insektarium Hidup.
E. PRESTASI
Prestasi yang pernah KSE raih antara lain Juara 3 LKIP PIMNAS 2001, Rekruitment anggota tim Penelitian Pengembangan Ulat Sutera Liar (Attacus atlas) tahun 2002-2003, dan Penerima Medco Award II dalam Kontes Inovasi Bisnis IV Progressio tahun 2004, Finalis PKMI 2006. Serta telah berhasil menyelenggarakan KENSU (KOMPETISI ENTOMOLOGI DAN SEMINAR UMUM) 2007 yang menampung peserta se-jogja dan sekitarnya.
Ingin tahu lebih lanjut tentang KSE?? Penasaran dengan kegiatan-kegiatan dan dokumentasi dari KSE?? Dapat diikuti lebih lanjut di media maya kami di bawah ini:
Email KSE             : kse_biologi@yahoo.com
Facebook                : kse_biologi@yahoo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar