Senin, 05 Maret 2012

Ini karya Icha Wulandari Nugroho Dermawan

Senin, Maret 05, 2012

Bunga Sakura??

(Bunga Sakura)

Dari judul ini pasti langsung teringat Jepang kan??
Nah, sekarang aku pingin sharing tentang bunga Sakura ini. Sekaligus sharing kebingunganku tentang siklus bunga unik berwarna pink ini.
Tadi, aku kuliah tentang tumbuhan, dan membahas sedikit bunga Sakura.
Sakura ini berbunga saat musim semi kan? Yang suka film atau anime Jepang pasti tau betul. Dan kalo diliat-liat, bunga Sakura bermekaran tanpa ada daunnya, ya kan? (sepenglihatanku sih seperti itu :P)
Ternyata munculnya bunga dan daun Sakura ini tidak pernah bersamaan. Saat musim dingin, pohon Sakura akan terlihat 'plontos' tanpa daun dan bunga. Dan saat musim semi, bunga mulai bermekaran (hanami). Saat inilah orang-orang pada piknik di bawah pohon Sakura dihiasi bunga-bunga pink yang indah. Hohoho.. Trus habis musim semi selesai, tibalah musim panas, bunga Sakura gugur dan tumbuh kuncup daun untuk menggantikannya. Di musim panas, yang ada adalah daun Sakura tumbuh lebat menghiasi tangkai-tangkainya. Selanjutnya musim berganti menjadi musim gugur, daun berguguran, jalan-jalan dihiasi daun yang menguning... dan pada akhirnya kembali ke musim dingin, pohon jadi 'plontos' lagi.. :D

Keren yaa??

Ehmm.. itu sih sepenangkapku dari kuliah tadi, kalo keliru ya maap. Yang jelas, di tiap musimnya, Sakura ini sangat menyesuaikan keadaan. Bukan hanya Sakura, semua tumbuhan juga punya tipe beradaptasinya sendiri-sendiri :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar