Senin, 05 Maret 2012

Matakuliah Ditawarkan di Semester 06 (Genap) Tahun Akademik 2011/2012


Berdasarkan “bocoran” hasil Rapat Koordinasi Jadwal Kuliah pada Semester 06 Tahun Akademik 2011/2012 yang diselenggarakan pada Hari Senin, 06 Februari 2012 pukul 09.00 WIB tadi pagi, bertempat di Ruang Sidang Bawah Fakultas Biologi UGM, maka berikut ini daftar matakuliah yang ditawarkan oleh Lab.Fisiologi Hewan Fak.Biologi UGM pada Semester II Tahun Akademik 2011/2012 dan telah disetujui oleh forum:

1. EKOFISIOLOGI HEWAN (BIO 4134, 2/0)
Tentang matakuliah ini:
Jadwal kuliah: Selasa pukul 10.00 – 11.50 WIB di Ruang Kuliah III
2. FISIOLOGI HEWAN LANJUT (BIO 4131, 2/0)

Tentang Ekofisiologi Hewan…

Ini adalah matakuliah pilihan (MKP) ke-4 yang diampu oleh Laboratorium Fisiologi Hewan Fakultas Biologi UGM. FYI, alias for your information, lab saya mengampu 5 (lima) matakuliah, yang terdiri atas:
Yang lainnya sudah dipromosikan, tinggal yang satu ini yang belum. Karena saya tidak pernah ikut mengajar, jadi promosinya saya taruh paling belakang  Materi kuliahnya sangat menarik, silakan baca kalau tidak percaya, saya sendiri berminat untuk mempelajarinya Mungkin terbersit di benak Anda sebuah pertanyaan: “Kalau berminat mengapa tidak mengajar?” Well, jawabannya simple aja… ndhak kemaruk! Whahahaa No, no, no… Seriously, karena ilmu ini bukan major saya. Setiap lecturer maupun researcher dituntut memiliki spesifikasi atau spesialisasi di dalam bidang ilmu tertentu untuk lebih fokus dalam mendalami dan memahami serta untuk kepentingan pengembangan bidang ilmu itu sendiri, yang disebut sebagai research interest atau “minat studi”. Namun demikian, mereka tetap harus mempelajari, dan mengembangkan core science-nya sehingga punya konsep dasar yang kuat untuk menjelaskan permasalahan-permasalahan yang timbul seputar bidang ilmu yang ditekuni dan diminatinya tersebut.
Pengen tahu lebih lanjut mengenai istilah-istilah spesifikasi, spesialisasi, major, minat studi, research interest, core science, basic science, dll…? Akan saya tulis mengenai hal-hal tersebut di lain kesempatan… Sekarang saya mau lanjutin promosi matkul Ekofisiologi-nya dulu yak…

IDENTITAS MATAKULIAH:
Nama: Ekofisiologi Hewan
Kode: BIO 4134
Sifat: Pilihan
Semester: Genap, mahasiswa tahun ketiga, dst.
Prasyarat: Fisiologi Hewan (BIO 3131)
SKS: 2/0

DOSEN PENGAMPU:
1. Dra. Mulyati Sarto, M.Si.
2. Slamet Widiyanto, S.Si., M.Sc.


DESKRIPSI:

Mata kuliah Ekofisiologi Hewan menggabungkan studi mengenai bagaimana organisme berfungsi pada tingkat organ dan jaringan (fisiologi) dengan hubungan-hubungan antara organisme dan lingkungannya, baik abiotik maupun biotik (ekologi). Ekologi terutama mempelajari bagaimana hewan dan tumbuhan mempengaruhi lingkungan ekternalnya, sedangkan fisiologi mempelajari bagaimana hewan dan tumbuhan dapat bertahan pada perbedaan-perbedaan antara lingkungan eksternal, ekstrasel, dan intrasel. Ekofisiologi melibatkan interaksi-interaksi antara lingkungan eksternal dan ekstrasel tersebut.
Temperatur, nutrisi dan energi, air, serta keseimbangan zat-zat yang terlarut di dalamnya (solutus) adalah pembatas-pembatas utama kefaalan terhadap sebaran dan kemelimpahan organisme. Akan dipelajari pula tentang bagaimana pembatas internal dan eksternal tersebut diseimbangkan sehingga organisme dapat bertahan hidup dan berkembang biak, mulai dari lingkungan yang masih dapat ditolerir (homeostasis secara umum) hingga lingkungan dengan kondisi yang ekstrem/khas dan lingkungan yang tercemar.
Dalam matakuliah ini juga akan diulas kembali mengenai fisiologi, anatomi, dan adaptasi perilaku organisme dalam beberapa kondisi lingkungan, termasuk mengenai aktivitas hibernasi, torpor, dan estivasi. Namun sebelumnya akan dipelajari dahulu mengenai konsep aklimasi dan aklimatisasi, yaitu suatu cara yang diupayakan untuk membuat hewan mampu menyesuaikan diri dan terbiasa (adaptif) pada kondisi lingkungan yang baru. Tanpa adanya proses aklimasi atau aklimatisasi, maka hewan akan mengalami stress yang mengarah kepada kematian dan kepunahan.
Setelah selesai menempuh matakuliah ini dengan baik dan lengkap, mahasiswa diharapkan akan dapat memahami dan menganalisis hubungan antara faktor-faktor lingkungan terhadap fungsi dan interaksi sistem-sistem dalam tubuh hewan.


MATERI KULIAH:

Berikut ini pokok-pokok bahasan umum yang disampaikan dalam perkuliahan. Setiap pokok bahasan dikembangkan menjadi beberapa subpokok bahasan sebagai kerangka belajar untuk membantu mahasiswa supaya dapat memahami hal-hal yang dipelajarinya secara lebih baik. Hal ini juga untuk mengantisipasi supaya tidak terlalu jauh atau terlalu mendalam dalam mempelajari suatu bab.
Metode pembelajaran berupa kombinasi antara TCL (teacher-centered learning) dan SCL (student-centered learning) yang difasilitasi dengan handout, bahan ajar, dan sarana multimedia. Karena merupakan matakuliah pilihan, maka mahasiswa diharapkan lebih aktif, kreatif, bersemangat, dan dapat berinteraksi secara baik dengan dosen maupun teman-temen sekelas. Oleh karena itu, dalam matakuliah ini diberikan kuis, tugas individu, tugas kelompok, studi paper (research-based learning), dan presentasi/seminar.
1. Homeostasis
2. Iklim: mikroklimat, makroklimat, cuaca, dan perubahan cuaca
3. Body temperature: organisme ektoterm, endoterm, poikiloterm, homoioterm, heteroterm, termoregulasi, dan pengaturan pernafasan
4. Bentuk-bentuk adaptasi hewan: anatomis, fisiologis, dan perilaku
5. Keseimbangan cairan tubuh: ekskresi, iono-osmoregulasi, regulasi pH
6. Nutrisi, keseimbangan dan transformasi energi
7. Kehidupan hewan di lingkungan ekstrem:
→ kehidupan di muara (estuarine)
→ kehidupan di lautan dan lingkungan dengan salinitas tinggi (living in the ocean and other hypersaline environments)
kehidupan dalam suhu yang ekstra dingin/kutub (supercooling and subfreezing condition)
→ kehidupan di laut dalam (deep see life)
→ kehidupan di dalam gua (living in caves)
→ kehidupan di gurun (dessert live)
→ dll.
7. Diving physiology: kehidupam mammal air, burung air
8. Flexibility in oxygen uptake and circulation: ikan yang bernafa dengan paru, ikan yang dapat bertahan hidup di darat, amfibia, reptil air
9. Hibernation, torpor, and aestivation
10. Resistance and stress in animals exposed to pollutants


PUSTAKA ACUAN:
Bradshaw, D. 2003.  Vertebrate Ecophysiology.  Cambridge University Press.
Fregly M.J. and C.M. Blatteis. 1996. Handbook of Physiology: Environmental Physiology. Oxford University Press.
Louw, G.N. 1993. Physiological Animal Ecology. Longman & Scientific Technical.
Schmidt-Nielsen, K.  1997. Animal Physiology: Adaptation and Environment.  Fifth Edition.  Cambridge University Press.
Willmer, P., G. Stone, and I. Johnston.  2000.  Environmental Physiology of Animals.  Blackwell Science.
Tidak ada agenda praktikum untuk matakuliah ini, namun kami sedang mempertimbangkan mengenai kemungkinan adanya fieldtrip untuk lebih memperkaya ilmu yang telah diperoleh selama belajar di kelas dengan cara mengamati dan mempelajari secara langsung contoh-contoh yang ada di alam sekitar kita…
What do you think, folks?
Detail matakuliah yang meliputi identitas, deskripsi, tujuan, kompetensi, luaran, pokok bahasan, subpokok bahasan, rencana topik perkuliahan mingguan, acara praktikum mingguan, kontrak pembelajaran, buku-buku acuan, evaluasi dan komponen penilaian dituangkan dalam “Rencana Program dan Kegiatan Pembelajaran Semester” (RPKPS).
3. IMUNOBIOLOGI  (BIO 4132, 2/1)

Jadwal kuliah: Kamis pukul 07.00 – 08.50 WIB di Lab.Biologi Dasar Barat
Jadwal praktikum: Kamis pukul 13.00 – 16.30 WIB di Lab.Fisiologi Hewan

Tentang Imunobiologi…

Semester gasal ini hampir berakhir…
Matakuliah Fisiologi Hewan yang menjelaskan tentang konsep dasar fungsi sistem-sistem tubuh juga sudah hampir tuntas… Minggu ini materi kuliahnya adalah Sistem Imun. Mengenai apa yang dipelajari dalam Sistem Imun sudah sempat saya singgung sedikit pada minggu-minggu sebelumnya, namun secara lengkap akan dijelaskan secara khusus minggu ini. Nah, barangkali ada yang berminat ingin lebih mendalami Sistem Imun? Di semester genap yang akan datang, matakuliah ini diselenggarakan lho, monggo silakan dicicipi :mrgreen:

IDENTITAS MATAKULIAH:
Nama: Imunobiologi
Kode: BIO 4132
Sifat: Pilihan
Semester: Genap, mahasiswa tahun ketiga, dst.
Prasyarat: Fisiologi Hewan (BIO 3131)
SKS: 2/1

DOSEN PENGAMPU:
1. Laksmindra Fitria, S.Si., M.Si.
2. Dr.biol.hom. Nastiti Wijayanti, S.Si., M.Si.


DESKRIPSI:

Matakuliah ini dimulai dengan mempelajari konsep dasar imunologi yang meliputi pengertian antigen, imunogen, alergen, dan patogen. Akan dijelaskan pula prinsip dasar kerja sistem imun, yaitu mempertahankan/mentolerir self dan melawan nonself sebagai mekanisme pertahanan diri (respon imun), bagaimana sistem imun dapat mengenali dan membedakan antara self dan nonself, dan apa akibatnya apabila terjadi kegagalan pengenalan tersebut.
Setelah itu akan ditelaah komponen-komponen yang berperan di dalam sistem imun yang meliputi komponen sel yang disebut sebagai sel-sel imunokompeten dan komponen-komponen nonsel seperti komplemen, antibodi, dan bermacam-macam protein plasma. Bahwa sel-sel imunokompeten tersebut mendapatkan kemampuan dan keahliannya melalui edukasi di dalam jaringan limfoid primer (sumsum tulang, timus, dan bursa Fabricius) dan jaringan limfoid sekunder (nodus limfatikus, lien, tonsil, MALT, dll.).
Akan dipelajari pula 3 macam imunitas, yaitu: imunitas alami (innate immunity), imunitas yang didapat (adaptve immunity), dan imunitas yang ditransfer (adoptive immunity). Selanjutnya akan dibahas tentang mekanisme respon imun humoral dan mekanisme imun yang diperantarai sel, dan sistem memori imunologi (kemampuan mengingat antigen yang pernah menginfeksi).
Konsep dasar imunologi tersebut selanjutnya digunakan untuk membahas kelainan-kelainan yang terjadi akibat ketidaknormalan/kegagalan fungsi sistem imun seperti autoimunitas, alergi, dan defisiensi imun. Demikian juga fungsi sistem imun pada kasus-kasus khusus seperti kanker, kehamilan, luka bakar, dll. Akan dibahas pula keterkaitan antara sistem imun dengan fungsi tubuh lainnya, terutama hubungannya dengan kondisi stres/kejiwaan dan bertambah parahnya penyakit.
Matakuliah ini juga mempelajari prinsip-prinsip teknik/metode laboratorium yang dapat diterapkan dalam penelitian imunologi.
Berbeda dengan matakuliah Imunologi, matakuliah Imunobiologi juga membahas perkembangan sistem imun pada hewan-hewan nonmammalia dan avertebrata. Hal ini menunjukkan bahwa sistem imun telah mengalami evolui dan perkembangan yang sangat panjang. Diulas pula mengenai sistem imun pada tumbuhan.

MATERI KULIAH:

Berikut ini pokok-pokok bahasan umum yang disampaikan dalam perkuliahan. Setiap pokok bahasan dikembangkan menjadi beberapa subpokok bahasan sebagai kerangka belajar untuk membantu mahasiswa supaya dapat memahami hal-hal yang dipelajarinya secara lebih baik. Hal ini juga untuk mengantisipasi supaya tidak terlalu jauh atau terlalu mendalam dalam mempelajari suatu bab.
Metode pembelajaran berupa kombinasi antara TCL (teacher-centered learning) dan SCL (student-centered learning) yang difasilitasi dengan handout, bahan ajar, dan sarana multimedia. Karena merupakan matakuliah pilihan, maka mahasiswa diharapkan lebih aktif, kreatif, bersemangat, dan dapat berinteraksi secara baik dengan dosen maupun teman-temen sekelas. Oleh karena itu, dalam matakuliah ini diberikan kuis, tugas individu, tugas kelompok, studi paper (research-based learning), dan presentasi/seminar.
1. Imunobiologi selayang pandang
2. Antigen, imunogen, alergen, patogen
3. Mekanisme pengenalan antigen
4. Organ/jaringan limfoid primer dan sekunder
5. Komponen imunokompeten: komponen sel dan komponen nonsel
6. Imunitas bawaan, imunitas adaptif, dan imunitas adoptif
7. Respon imun dan toleransi imun
8. Sel T dan MHC
9. Sel B dan imunoglobulin
10. Sistem memori
11. Evolusi sistem imun (imunologi komparatif)
12. Berbagai gangguan terhadap sistem imun
13. Imunologi interdisipliner (aplikasi konsep)
14. Metode penelitian imunologi
15. Sistem imun pada tumbuhan

MATERI PRAKTIKUM:

Matakuliah ini dilengkapi dengan praktek di laboratorium (praktikum) guna melengkapi teori yang telah diperoleh mahasiswa di kelas sekaligus melatih skill mereka.
Kegiatan praktikum dibimbing oleh asisten yang berasal dari mahasiswa-mahasiswa senior yang telah dipilih melalui mekanisme seleksi khusus dan diawasi oleh para dosen pengampu.

A. Keterampilan Dasar (Basic Skill)
1. Teknik pemeliharaan dan penanganan hewan coba untuk penelitian imunologi
2. Metode anestesi dan eutanasi
3. Metode sampling darah
4. Preparasi serum dan plasma
5. Uji hematologi rutin
6. Rute administrasi
7. Nekropsi

B. Imunologi Dasar (Basic Immunology)
1. Topografi organ-organ limfoid primer dan sekunder
2. Struktur organ-organ limfoid primer dan sekunder
3. Sel-sel imunokompeten
4. Preparasi antigen
5. Isolasi limfosit dari darah perifer, timus, dan lien
6. Isolasi makrofag dari rongga peritoneum
7. Reaksi-reaksi imunologi
8. Teknik imunisasi: aktif, pasif, adoptif
9. Uji respon imun

C. Topik khusus (Mini Project)
Mahasiswa menyusun rancangan penelitian berdasarkan hal-hal yang telah dipelajari sebelumnya kemudian dipresentasikan dan didiskusikan bersama teman-teman sekelas, dosen, dan asisten. Rancangan penelitian yang terpilih akan dilaksanakan sebagai penelitian kecil dengan data kelas.

PUSTAKA ACUAN:

Baratawidjaja, K.G. 2006. Imunologi dasar. Edisi 7. Balai Penerbit FKUI. Jakarta.
Davies, H. 1997. Introductory immunobiology. 1st edition. Chapman & Hall. London.
Eales, L.J. 1999. Immunology for life scientists, a basic introduction, a student-centred learning approach. 1st edition. John Wiley & Sons, Ltd. Chichester, UK.
Garvey, J.S., N.E. Cremer, D.H. Sussdorf. 1997. Methods in immunology, a laboratory text for instruction and research. 3rd edition. W.A. Benjamin, Inc. Reading, Massachusetts.
Janeway, C.A., P.Travers, M. Walport, M. Shlomchik. 2001. Immunobiology, the immune system in health and disease. 5th edition. Garland Publishing. New York.
Detail matakuliah yang meliputi identitas, deskripsi, tujuan, kompetensi, luaran, pokok bahasan, subpokok bahasan, rencana topik perkuliahan mingguan, acara praktikum mingguan, kontrak pembelajaran, buku-buku acuan, evaluasi dan komponen penilaian dituangkan dalam “Rencana Program dan Kegiatan Pembelajaran Semester” (RPKPS).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar